Jumat, 03 Juni 2011

Cara membuat bingkai di photoshop;

http://pakdenanto.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-bingkai-foto-di-photoshop.html
 
Keindahan sebuah foto ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah bingkai foto. Di photoshop  akseoris yang disebut juga dengan frame atau border atau garis tepi ini dapat ditambahkan ke dalam sebuah foto sehingga dapat menambah nilai estetika atau keindahannya. Bagaimana cara membuat bingkai di photoshop? Inilah postingan saya kali ini.
Download software cara membuat bingkai  free gratis ?
Ya..Sebenarnya banyak  sekali sotware yang bisa di download secara  free alias gratis yang berupa plug-in untuk membikin / membuat  bingkai atau frame foto. Setelah  kita install ke aplikasi atau program Adobe photoshop kita tinggal menggunakannya dengan  cara yang super mudah, cepat, kilat dan sangat simpel bin sederhana  untuk membuat bingkai atau border sebuah foto.

Meskipun demikian tanpa software pun kita dapat membuat sebuah frame dan border foto dengan photoshop secara simpel bin sederhana, mudah bin gampang, cepat alias kilat. Asalkan tahu caranya dan terbiasa menggunakannya. Pada kali ini akan saya tulis dasar-dasarnya saja, selanjutnya kita dapat  kembangkan sendiri bagaimana membuat bingkai di photoshop cs...

Singkatnya :
  1. Buka   Adobe photoshop
  2. Buka foto : Klik file > Open >pilih Foto
  3. Copy foto : Ctrl + J
  4. Aktifkan Layer : Klik Window > Layers  atau tekan F7
  5. Klik Add a Layer Style > Stroke
  6. Isi Size = 20 px , position = Inside, Blend Mode = Normal, Opacity = 100 %, Fill Type= Color, Color Picker = #091b88. Lihat gambar ilustrasi di bawah ini. Klik gambar agar lebih jelas.
7.   Klik OKE.
8.   Klik Inner shadow
9.   Isi  Blend Mode = Normal, Opacity = 100, Angle = 30, Centang Use Global Light,
10. Isi DIstance = 0 px, Choke = 82, Size = 62.
11. Klik Segitiga hitam pada Kotak Contour > Pilih Peak
12. Klik OK.
Lengkapnya
Lengkapnya tidak perlu karena penjelasan setiap langkah di atas sudah ada di postingan terdahulu.  Panduan di atas merupakan langkah-langkah atau tahapan-tahapan  yang berisi tip dan trik tata cara membuat bingkai foto dengan menggunakan photoshop. Hasilnya berupa frame yang terlihat sebagai  beberapa  garis tepi yang lurus yang warna dan tampilannya seperti tampak pada foto di bawah ini.


PILIHAN LAIN
Untuk mengubah atau mengganti frame atau bingkai pada foto pemandangan di atas maka kita lakukan modifikasi pilihan yaitu  : Setelah langkah 10 lakukan langkah-langkah ini  :
  1. Pada Control Quality Klik Icon Contour yang bergambar Peak
  2. Pada kotak dialog Contour Efitor  : Klik Titik simpul grafik > Drag ang Drop sesuai keinginan > sambil lirik hasilnya.....
  3. Atau isi Input = 100 % Output =40 % 
  4. Klik Oke

HASILNYA 
Hasil dari langkah cara membikin  bingkai foto di atas adalah seperti di bawah ini :


Kita juga dapat membuat bingkai foto  yang menghasilkan tampilan bingkai atau frame seperti di bawah ini.(klik foto agar besar) Caranya bagaimana? Tunggu kalau ada waktu ... Atau silahkan bereksperimen sendiri karena dengan photoshop anda dapat berkreasi tanpa batas..... benar benar tanpa dowmload software gratis alias free. Kita hanya otak-atik di layer style saja....


1 komentar:

  1. terima kasi atas titorialnya!!!. kalau boleh tau pake adobe photoshop berapa?

    BalasHapus